Kamis, 12 September 2013

Pengelolaan Pendidikan tugas 2


Riza Fitriyani
1200038
Pendidikan Manajemen Bisnis A
LATIHAN KB 2
Untuk lebih memantapkan penguasaan Anda terhadap materi tersebut, lakukanlah kegiatan berikut:
    1. Apakah perbedaan antara pendekatan organisasi klasik dan pendekatan hubungan manusia dalam pengelolaanpendidikan?
Jawab :
Teori klasik menyatakan bahwa organisasi sebagai struktur hubungan, kekuasaan-kekuasaan, tujuan-tujuan, peranan-peranan, kegiatan - kegiatan, komunikasi dan faktor-faktor lain yang terjadi bila orang bekerjasama. Maka terdapat koordinasi atas perintah dan penggunaan disiplin dan tata tertib yang ketat untuk mengubah sumber daya ataupun organisasi agar memiliki produktivitas. Dalam pendekatan hubungan manusia dalam organisai mereka berusaha untuk memuaskan kebutuhan sosialnya seperti berimteraksi ataupun membutuhkan teman dekat. Maka lahirlah pendekatan ini untuk merevisi teori manajemen klasik yang outputnya belum menciptakan efektivitas dan efisiensi. Karena jika hubungan manusia dalam berinteraksi atau dalam hubungan manusia  harmonis maka akan mendorong prestasi kerja yang menunjang organisasi tersebut. Hubungannya dengan pengelolaan pendidikan hal tersebut sangat penting untuk menunjang tujuan pendidikan Indonesia.
    1. Pendekatan mana yang dianggap sesuai untuk hubungan sosial dan struktur formal dalam pengelolaan pendidikan?
Jawab :
Pendekatan klasik dengan di imbangi dengan pendekatan hubungan sosial. Karena dalam pendekatan klasik, SDM harus dikelola atau mau di pimpin dan mau memimpin. Maka disini haruslah berbasis etika hubungan sosial yang disetujui oleh SDM itu sendiri. Agar tercipta tujuan organisasi secara efektif dan efisien juga dengan seperti ini kita dapat melihat SDM mana yang memiliki produktivitas yang tinggi.
    1. Struktur organisasi semestinya memberikan peluang untuk saling memberikan gagasan untuk meminimalkan kekakuan struktur hirarki, makna apa yang terkandung dalam pernyataan tersebut!
Jawab :
Makna yang terkandung dalam pernyataan tersebut adalah dengan perubahan jaman maka struktur organisasi pun akan mengalami perkembangan. Juga akan terdapat beberapa masalah internal dalam perusahaan sehingga masalah yang akan dihadapi pun akan lebih kompleks. Maka diperlukan gagasan yang tepat juga membangun untuk kemajuan organisasi tersebut agar lebih kuat dan bertahan dalam kondisi atau masalah apaun. Sehingga seorang pemimpin harus dapat mendengarkan aspirasi yang membangun dari para staf demi kemajuan organisasi yang dipimpinnya.
    1. Mengapa seorang pengelola pendidikan mesti mengenal dengan baik faktori-faktor psikologis manusia?
Jawab :
Karena seorang pengelola pendidikan harus mampu menggerakkan SDM agar tercapai tujuan efektif dan efisien demi kemajuan pendidikan Indonesia. Maka hal yang dapat menggerakkan SDM tersebut harus diberikan perhatian yang lebih guna menjadikan SDM yang dapat memberikan kontribusi untuk mencapai tujuan organisasinya. Bahkan agar SDM dapat memiliki produktivitas yang tinggi. Sehingga tujuan organisasi akan tercapai.
    1. Mengapa dalam pengelolaan pendidikan perlu menghindari overlapping fungsi?
Jawab:
Karena untuk mengatasi kekhawatiran terjadinya hubungan kerja atau koordinasi yang kurang baik antara yang satu dengan yang lainnya. Maka dengan adanya hal tersebut diharapkan tidak dapat menimbulkan masalah internal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar