Kelas : A
NIM : 1200038
Prodi : Pendidikan
Manajemen Bisnis
Khasanah
Budaya Berbusana Indonesia
Bangsa Indonesia sebagai bangsa yang
memiliki beribu budaya dari Sabang hingga Merauke juga dari Mianga sampai Pulau
Rote. Tak hanya itu saja, bangsa ini patut bangga dengan budaya berbusana khas
tradisional. Karena setiap suku di Indonesia memiliki baju adatnya
masing-masing. Di Jawa kita kenal dengan adanya baju kebaya ataupun di Papua
kita kenal dengan koteka.
Jaman
terus bertransformasi dengan masuknya globalisasi di Indonesia. Kini fashion Indonesia semakin berkembang
saja. Dengan lahirnya berbagai desain yang bertemakan etnis dari para desainer
Indonesia. Juga maraknya butik membuat fashion
etnis Indonesia semakin dikenal khalayak.
Setiap
wilayah Indonesia memiliki pakaian adat yang memiliki ciri khas masing-masing.
Hal ini merupakan potensi besar bagi lahirnya fashion di Indonesia. Namun kini Indonesia sudah ter-influence dengan budaya Barat terutama
yang saat ini marak yaitu berpakaian mengikuti mode K-POP atau ala Korea.
Dengan masuknya film Korea ataupun boy
band dan girl band Korea. Membuat
budaya Korea mulai dari fashion,
makanan, musik ataupun kebudayaan Korea berkembang bak jamur di musim hujan.
Ciri
khas dari fashion Korea yaitu
modelnya yang unik, simple dan mudah dipadukan dengan apapun. Selain itu aksen
maniknya juga motifnya yang cerah. Membuat para remaja Indonesia tetap nyaman
menggunakan fashion negeri ginseng
tersebut.
Kita
pun dapat melihat fashion remaja
Indonesia pada saat pergi ke mall sudah mengadaptasi mode ala Korea. Karena paradigma
remaja Indonesia yang masih melihat merk sebagai sebuah identitas diri dan
status sosial di masyarakat. Membuat fashion
Indonesia semakin tertinggal jauh dengan Korea. Jika pemuda Indonesia sudah
melupakan budaya berbusana negerinya sendiri. Maka Indonesia sudah kehilangan
jati diri bangsanya.
Ditambah
lagi dengan adanya Masyarakat Ekonomi ASEAN pada tahun 2015. Indonesia
seharusnya sudah mampu menghadapi persaingan tersebut terutama dalam dunia fashion. Dari hal ini kita seharusnya
menilik bagaimana ciri khas yang akan diangkat bagi perkembangan fashion Indonesia sendiri.
Ciri
khas dari fashion Indonesia yaitu
ciri khas etnis yang begitu unik. Sehingga tidak hanya untuk dijadikan sebagai fashion pada acara formal saja. Tetapi fashion etnis Indonesia seharusnya juga
sudah marak dipakai pada acara nonformal, seperti jalan-jalan ke mall ataupun dalam
acara lain. Juga Indonesia sebagai negara timur dengan mayoritas Muslim terbesar
di dunia. Dapat dijadikan sebagi ciri khas dari fashion Indonesia yang terlihat sopan dan tertutup namun tetap fashionable.
Seharusnya Indonesia dapat mengembangkan
potensi ciri khas tersebut. Namun jika hal ini tidak mendapat perhatian khusus
dari pemerintah. Maka Indonesia akan semakin tertinggal dengan negara ASEAN
lainnya. Seperti Thailand mereka sangat proaktif dalam mengenalkan budaya
mereka ke penjuru dunia. Selain itu mereka juga mengusung kain khas dengan
corak unik dan khas. Padahal Thailand dengan Indonesia memiliki kesamaan dalam
budaya. Seharusnya Indonesia tetap berpegang teguh dalam mengembangkan budaya fashion-nya agar tak tertinggal jauh
dengan negara-negara ASEAN. Maka seharusnya pemerintah dan pelaku industri mode
harus berjalan bersamaan demi terwujudnya tujuan industri ekonomi kreatif.
Langkah
konkrit kita sebagai calon pendidik yaitu kita sisipkan nilai budaya Indonesia
kepada para peserta didik dalam pembelajaran. Dan langkah kita sebagai pebisnis
yaitu membuat fashion Indonesia layak
disandingkan dengan fashion dunia. Agar
ketika remaja Indonesia menggunakan
fashion khas dari etnis bangsanya. Mereka akan bangga dan khalayak yang
melihat mereka mengenakan fashion tersebut
dapat mengatakan,“Gaya fashion lo
Indonesia banget!”
*dari berbagai sumber bacaan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar