Kamis, 12 September 2013

Pengelolaan Pendidikan tugas 1


Riza Fitriyani
1200038
Pendidikan Manajemen Bisnis A
LATIHAN KB 1
Untuk lebih memantapkan penguasaan Anda terhadap materi KB 1 ini, lakukanlah kegiatan berikut:
1.              Carilah beberapa defenisi pengelolaan pendidikan di perpustakaan atau internet sebanyak lima buah dan kemudian anda elaborasi menjadi satu defenisi menurut bahasa anda sendiri.
Jawab:
Sepuluh definisi menurut beberapa ahli mengenai pengelolaan pendidikan yaitu sebagai berikut:
a.       ManajemenPendidikanmenurutSyarif (1976 :7) : segalausahabersamauntukmendayagunakansumber-sumber (personilmaupunmateriil) secaraefektifdanefisienuntukmenunjangtercapainyapendidikan.
b.      ManajemenPendidikanmenurutSutisna (1979:2-3) :Manajemenpendidikanadalahkeseluruhan (proses) yang membuatsumber-sumberpersonildanmateriilsesuai yang tersediadanefektifbagitercapainyatujuan-tujuanbersama. Iamengerjakanfungsi-fungsinyadenganjalanmempengaruhiperbuatan orang-orang. Proses inimeliputiperencanaan, organisasi, koordinasi, pengawasan, penyelenggaraandanpelayanandarisegalasessuatumengenaiurusansekolah yang langsungberhubungandenganpendidikanseklahsepertikurikulum, guru, murid, metode-metode, alat-alatpelajaran, danbimbingan. Jugasoal-soaltentangtanahdanbangunansekolah, perlengkapan, pembekalan, danpembiayaan yang diperlukanpenyelenggaraanpendidikantermasukdidalamnya.
c.       ManajemenPendidikanmenurutDjam’an Satori, (1980: 4). Manajemenpendidikandapatdiartikansebagaikeseluruhan proses kerjasamadenganmemanfaatkansemuasumberpersonildanmateril yang tersediadansesuaiuntukmencapaitujuanpendidikan yang telahditetapkansecaraefektifdanefisien.
d.      ManajemenPendidikanmenurut Made Pidarta, (1988:4). ManajemenPendidikandiartikansebagaiaktivitasmemadukansumber-sumberpendidikan agar terpusatdalamusahamencapaitujuanpendidikan yang telahditentukansebelumnya.
e.       ManajemenPendidikanmenurutSoebagioAtmodiwirio. (2000:23). Manajemenpendidikandapatdidefinisikansebagi proses perencanaan, pengorganisasian, memimpin, mengendalikantenagapendidikan, sumberdayapendidikanuntukmencapaitujuanpendidikan.
f.       ManajemenPendidikanmenurutHadariNawawi (1981 : 11) : Manajemenpendidikan, adalahrangkaiankegiatanataukeseluruhan proses pengendalianusahakerjasamasekelompok orang untukmencapaitujuanpendidikan, secaraberencanadansistematis yang diselenggarakan di lingkungantertentu, terutamalembagapendidikan formal.
g.      ManajemenPendidikanmenurut W. HarismendefinisikanManajemenpendidikansebagaisuatu proses pengintegrasiansegalausahapendayagunaansumber-sumberpersonaliadan material sebagaiusahauntukmeningkatkansecaraefektifpengembangankualitasmanusia.
h.      ManajemenPendidikanmenurutPurwantodanDjojopranoto (1981:14) :Manajemenpendidikanmerupakansuatuusahabersama yang dilakukanuntukmendayagunakansemuasumberdayabaikmanusia, uang, bahandanperalatansertametodeuntukmencapaitujuanpendidikansecaraefektifdanefisien.
i.        ManajemenPendidikanmenurutDaryanto (1998:8) :Manajemenpendidikanadalahsuatucarabekerjadengan orang-orang, dalamrangkausahamencapaitujuanpendidikan yang efektif.
j.        ManajemenPendidikanmenurutSagala (2005:27) :ManajemenpendidikanadalahpenerapanilmuManajemendalamduniapendidikanatausebagaipenerapanManajemendalampembinaan, pengembangan, danpengendalianusahadanpraktek-praktekpendidikan. Manajemenpendidikanadalahaplikasiprinsip, konsepdanteorimanajemendalamaktivitaspendidikanuntukmencapaitujuanpendidikansecaraefektifdanefisien.
MakakesimpulannyayaitubahwaPengelolaanPendidikanataubisadisebutjugadenganManajemenPendidikanmerupakan proses pengintegrasiandarisegalasumberdayapendidikan yang dilakukansecaraefektifdanefisiendenganmenggunakanfungsimanajemen (penrencanaan, pengorganisasian, penggerakkandanpengawasan) agar dapatterciptanyasebuahtujuanpendidikan Indonesia yang sudahtermaktubdalampembukaan UUD 1945 padaalinea ke-4.
2.              Diskusikan dengan teman anda mengenai berbagai defenisi yang telah anda peroleh dari hasil elaborasi di latihan no 1 dengan menunjukkan persamaan dan perbedaanya dari masing-masing defenisi tersebut.
Jawab:
a.       Persamaan berbagai definisi dari para ahli yaitu sebagai berikut:
1)      Dalam proses pengelolaan pendidikan, sumber daya yang didalamnya harus berintegrasi agar terciptanya efektivitas dan efisiensi demi tercapainya tujuan pendidikan Indonesia.
2)      Proses mendayagunakan sumber daya pendidikan agar terciptanya sumber daya pendidikan yang berkualitas.
3)      Dalam proses pengelolaan pendidikan dijalankannya fungsi manajemen yaitu perencanaan, pengorganisasian, penggerakkan dan penawasan.
b.      Perbedaan berbagai definisi dari para ahli yaitu sebagai berikut:
1)      Melihat referensi pengertian di atas, perbedaannya yaitu beberapa ahli menekankan fungsi manajemen secara tersirat seperti ManajemenPendidikanmenurutSoebagioAtmodiwirio.
2)      Adapun yang menuliskan fungsi manajemen secara tidak tersirat seperti ManajemenPendidikanmenurutSyarif (1976 :7).
3.              Apa perbedaan pengertian pengelolaan secara sempit dan secara luas dengan contoh-contohnya.
Jawab:
a.       Pengelolaan secara sempit yaitu hanya terbatas pada inti kepribadian personil dalam mengatur perencanaan.
b.      Pengelolaan secara luas yaitu proses menata sumber daya pendidikan demi tercapainya tujuan Pendidikan Indonesia agar efektif dan efisien serta menciptakan keadaan yang kondusif bagi manusia yang turut serta dalam mencapai tujuan yang telah disepakati sebelumnya.
4.              Mengapa perlu diterapkannya kaidah-kaidah pengelolaan diterapkan dalam pendidikan.
Jawab:
Dudung A. DasuqidanSetyoSomantri (1994) menyampaikanbeberapaalasantentangperlunyakaidah-kaidahadministrasiditerapkandalambidangpendidikan.Alasan-alasantersebutadalahsebagaiberikut: 
a.       Dalamrangkamengantisipasituntutanperkembangandanjugatuntutanpembangunan yang terjadipadatingkatlokal, regional atau pun global sehinggapendidikandapatmerencanakan, menyediakan, mengeloladanjugamengaturberbagaituntutan yang adagunakepentinganpembangunanitusendiriataugunakelanjutandaripembangunan yang berkesinambungan. 
b.      Produkatauhasildaripembangunanpendidikan yang berbentukfisikatau pun non-fisik yang berupailmuataupengetahuandalamruanglingkuplokal, regional dan global. Agar produkatauhasildaripembangunanpendidikaninidapatdirasakanmanfaatnyabagikehidupanmanusia yang tentunyamemerlukanpenataandanpenggunaan yang memadaisesuaidengankaidah-kaidahadministrasi yang telahterujikeberhasilannya. 
c.       Peranandantugasdarilembagapendidikan (persekolahan) makin lama semakinbertambahdansemakinberagamsehinggalembagapendidikanataupersekolahaninitidakhanyamemerlukantenaga guru sebagaipengajarsajaakantetapijugamemerlukanberbagaimacamtenagakependidikan lain sepertipengelolapendidikan, administrator, manajer, planner, supervisor danjugacounsellordalam proses belajarmengajar. 
d.      Tuntutankemajuanilmudanteknologidanjugatuntutandarihidupmanusiaitusendiri yang keduanyamestiseimbangdanselaras yang berakibatharusseimbangdanselarasnyalembagapendidikansebagaiprodusendanindvidusebagaikonsumennya. 
e.       Tuntutandarimasyarakatterhadaplembagapendidikanataupersekolahan yang menuntutperalatandanfasilitas yang memadaisertapersonil yang berkualitassebagaijaminanlembagapendidikanataupersekolahandalammerebutkepercayaankonsumen 2 tenagakerja di bursa tenagakerja. Perencanaan, pengelolaandankualitasmutukeluarandarilembagapendidikanataupersekolahantidaksepenuhnyadapatdipercayakanhanyakepada guru sajawalaupun guru tersebutmemilikikualitas yang cukuptinggi. 
f.       Pendidikandanlembagapendidikandewasainitelahmenjadiajangbisnis yang memerlukanpenanganan yang lebihseriusuntukdapatmerebutpersaingan yang sehat.
Sumber: http://49-admin.blogspot.com/2011/02/konsep-dasar-pengelolaan-pendidikan.html
5.              Mengapa efektivitas, efesiensi, produktivitasdan pengembangan menjadi hal yang utama dalam pengelolaan pendidikan.
Jawab:
Karena jika efektivitas tercapai maka pendidikan Indonesia akan mengalami waktu yang cepat dan tepat dalam mencapai tujuan pendidikan. Sedangkan jika efisiensi tercapai maka tidak akan ada biaya yang dikeluarkan secara sia-sia dalam mencapai tujuan pendidikan Indonesia. Lalu dapat dikatakan mengalami produktivitas jika kemampuan dari sumber daya pendidikan dapatbanyak berkontribusi nyata bagi tujuan pendidikan Indonesia. Dalam hal pengembangan perlu juga di evaluasi secara kontinuitas agar dapat menuju tujuan pendidikan Indonesia dengan se-efektif mungkin dan se-efisien mungkin.

1 komentar: